Rabu, 08 Februari 2012

Kode Pada Saat Touring


Sebagai seorang Biker, apakah anda sudah pernah melakukan touring dengan komunitas anda? sejauh mana perjalanan anda ? berapa kilometer yang sudah anda tempuh?, dan ketika di jalan dengan kendaraan kesayangan masing-masing, bagaimana cara anda berkomunikasi dengan personil lainnya pada saat kita iring-iringan?

Berikut kode yang lazim digunakan untuk para biker yang sedang melakukan touring untuk berkomunikasi antar personil. Tidak mungkin kita berkomunikasi dengan mulut atau bahkan dengan megaphone (pengeras suara), selain ribed dan berisik di jalan, energi kita akan cepat habis dan tenaga terkuras untuk berteriak teriak, lagipula belum tentu akan bisa didengar oleh lawan bicara kita. Jika kita sama-sama tahu dan memahami kode ini, barisan iring-iringan sepeda motor komunitas anda akan terlihat indah jika dilihat oleh orang lain, dan bahkan  bisa tercipta seni keindahan berkendara.
Apa dan bagaimana sih gerakannya? yuuuk kita pelajari dan praktekkan bersama.....

01- Lengan ditekuk ke samping bawah, telapak tangan menghadap belakang, artinya BERHENTI (STOP). 
02 - Lengan dan jari telunjuk diperpanjang lurus ke atas, artinya BENTUK SATU BARISAN 
03 - Tangan membuka dan menutup dengan jari dan ibu jari  lurus, artinya NYALAKAN LAMPU
04 - Lengan lurus ke samping bawah, telapak menghadap ke bawah, gerakan mengayun ke bawah artinya PERLAMBAT JALAN.  
05 - Lengan dengan jari telunjuk dan tengah diperpanjang lurus ke atas, artinya BENTUK DUA BARISAN.
06 - Jari telunjuk menunjuk arah tangki sepeda motor, artinya ISI BBM  

07 - Lengan lurus mengayun ke atas, telapak tangan menghadap ke atas, artinya PERCEPAT JALAN.
08 - Pada sebelah kanan, kaki kanan lurus ke bawah, pada sebelah kiri, tangan kiri lurus ke bawah, artinya  JALAN RAWAN BAHAYA
09 - Jari dikepalkan, ibu jari diarahkan ke mulut helm, artinya BERHENTI DAN ISTIRAHAT.
10 - Lengan lurus dengan sudut 45 o, telapak tangan ke depan menunjuk dengan jari telunjuk, mengayun dari belakang ke depan, dengan gerakan tangan sebatas dibawah bahu, artinya MEMEPRSILAHKAN DIBELAKANG UNTUK GANTI MEMIMPIN BARISAN atau MENYURUH DIBELAKANGNYA UNTUK PINDAH POSISI KEDEPAN.

11 - Gerakan telapak tangan menekan di atas helm dengan telapak terbuka ke bawah, artinya GANTI POSISI AGAR SEDIKIT MERUNDUK.
12 - Tangan kiri lurus ke samping 45o, tangan mengepal dan mengayun pendek naik turun, artinya MENYARANKAN BERHENTI UNTUK KENYAMANAN.
13 - Lengan lurus ke atas tepat diatas bahu, telapak tangan membuka menghadap kedepan, artinya IKUTI SAYA.
14 - Lengan lurus ke samping sebatas bahu, jari telunjuk lurus, gerakan mengayun ke depan melewati helm, artinya BERHASIL TIBA DITUJUAN.




    Naa...h! mungkin 14 kode itulah yang bisa penulis jelaskan, semoga bermanfaat untuk biker sekalian, terutama pada saat sobat biker melakukan touring. Tunggu apa lagi, jangan hanya dibaca, mari kita praktekkan, terutama untuk sobat biker yang berada di posisi paling depan, karena kode dari depan akan diikuti oleh biker di belakangnya, terus sampai barisan paling belakang. Semakin kita sering mempraktikkan, semakin indah terlihat iring-iringan kita di jalan, dan secara tak sadar kita telah menciptakan seni berkendara yang baik dan santun.

    Keep spirit dan salam Biker...!! 
     Admin


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Hai Brotherhood, apa komentar anda terhadap artikel diatas? tulis di sini yaah..?