Kamis, 22 Maret 2012

Trik Melintasi Jalan Menikung


Mengintip obrolan di fanspage jejaring sosial facebook Megapro Lovers, admin FP Melovers mencoba sharing mengenai teknik handling  sepeda motor Honda Mega pro, terutama saat melintasi tikungan atau belokan. Beragam pendapat disampaikan oleh para Melovers, dan ternyata pendapat itu sangat variatif. Hal ini sangat menarik saya untuk dibahas dan mengulasnya di blog ini.

Pada dasarnya pengendalian atau handling sepeda motor sangat tergantung pada tiga faktor, yaitu kondisi medan lintasan, kondisi sepeda motor itu sendiri, dan yang paling dominan adalah kondisi si pengendara, entah itu pada track lurus maupun track membelok atau tikungan.

Berikut beberapa pendapat para Melover dalam melintasi track belok atau menikung :

Melover Yodi Setiawan >> Sebelum memasuki tikungan turunkan gigi (tergantung apakah gigi dua atau satu). kopling tahan setengah, gas pelan stabil

Melover Muhammad Taufik >> Enaknya pas belok trunin sampe gigi 3 kalo kosong, gigi 2 kalo rame, nah tahan poll koplingnya..

Melover Hendra Wahyu >> Pada saat melintas di tikungan,  handling kopling sebaiknya jangan ditarik, gigi jangan  jangan di posisi 2, apalagi posisi 1. sebab  engine brakenya akan terlalu besar, karena sepeda motor bisa oleng. Sebaiknya menggunakan gigi 3. Selain pengaturan gigi, biasakan pada saat melewati tikungan kita harus pandai memainkan rem. Jangan terlalu sering menggunakan rem belakang pada saat menikung, seimbangkan dengan rem depan.

Melover Aris Bikers Hmpc Probolinggo >> Saat melintasi tikungan, kurangi kecepatan, oper ke gigi rendah, kopling tarik setengah (jangan penuh) supaya sepeda motor tidak nyelonong.

Mbah Gaul Melovers >> Buat melover yg belum ahli dan mengenal karakter motor New Mega Pro, saatt melewati tikungan jagan menarik kopling, sebab jika kopling kita tarik, maka sepeda motor diluar kendali kita disebabkan berhentinya supply engine break, efeknya apabla momentum kendaraan lebih tinggi akan mengakibatkan kita celaka. Usahakan menggunakan  gigi 3  atau gigi 4 pd saat menikung, dan satu lagi...Jangan meniru gaya pembalap dengan gaya rebahan di aspal kecuali di arena balap.

Melover Bisma Wardhana >> Jika tikungan dengan sudut diatas 90o, baiknya posisi  gigi 3, dengan kecepatan max. 40 km/jam, tanpa perlu tarik kopling. Jika tikungan tajam kurang dari 90o 90 derajat, buat yg belum terbiasa menggunakan sepeda motor, ada baiknya di posisi gigi 2 saja, dengan kecepatan dibawah 40 km/jam. Jangan sekali-kali tarik kopling, sebab setir akan terasa ringan dan berefek selip, terutama saat rem mendadak. Jika butuh pengereman, baiknya menggunakan rem belakang, dibarengi dengan sedikit rem depan untuk mengimbangii. lebih bagus lagi sebelum belok kita sudah mulai memanfaatkan pengereman.

Melover Nara Le Guerreiro >> kalo saya menggunakan teknik ini :
1. Saat mulai masuk tikungan, turunkan Speed, tergantung kondisi, bisa hanya dengan mengerem ato turun gigi + rem belakang secukupnya, jangan terlalu jauh dari kecepatan awal
2. miringkan badan, pertahankan kecepatan sambil dinaikkan kembali sedikit demi sedikit
3. Saat mulai menstabilkan motor, tarik gas secara cepat dan bertahap (agar mesin tidak kaget) sensasinya dilangkah ketiga ini..
4. saat RPM cukup, naikkan kembali gigi motor anda..

Hal tersebut hanya berlaku untuk tikungan yang menurut anda benar-benar cukup aman, dan pastikan TIDAK MENGGANGGU KENDARAAN LAIN.

Melover Herman Rudy >> Kalau aku sih biasanya, kalau terlalu kencang di rem dikit, terus waktu nikungnya gas diangkat dan kopling tidak di tarik setelah belok (posisi motor belum lurus), turunin gigi 1 tingkat (tergantung kecepatan motor, kadang2 mesti turunin 2 tingkat), terus tancap gas lagi.

Berhati-hati dan tertib di jalan akan memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kesadaran masing-masing pengemudi terutama sepeda motor terhadap aturan-aturan yang tidak tertulis, berkaitan dengan tata krama di jalan juga dapat berpengaruh terhadap tingkat terjadinya kecelakaan. Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai kesadaran, pola berpikir, tata krama yang sama di jalan, ditambah dengan minimnya pengalaman berkendara.

Iluistrasi gambar berikut mungkin bisa memandu kita bagaimana sebaiknya kita selaku pengendara sepeda motor terutama motor Honda New Mega Pro dalam melintasi sebuah medan tikungan atau belokan :












*) Ilustrasi gambar : soft7.com

Salam Safety Riding,
Admin

Makna Lambang Honda Megapro Lover (Melovers)


Sebuah komuintas, tentunya mempunya lambang atau logo sebagai identitasnya. Demikian juga komunitas Honda Mega Pro Lovers. Sudah tahu kah anda tentang makna dan arti logo komunitas ? yuk...!, mari kita sama-sama ketahui dan pahami, supaya tidak terjadi salah pengertian di antara kita.

Makna gambar :

  1. Kepala Elang : menghadap ke kanan (jika disejajarkan pandangan kita), artinya berpandangan luas dan bijaksana dalam menghadapi segala persoalan
  2. Sayap : bahwa Melovers berasal dari dunia maya. "Likers" nya tak terbatas pada satu komunitas, tapi mencakup semuanya
  3. Teks MEGAPRO LOVERS &  www.facebook.com/newmegapro  artinya , komunitas ini adalah kumpulnya orang-orang yang mencintai produk Honda khususnya type Mega Pro dalam satu Fans Page pecinta honda megapro di bawah naungan facebook..com, bukan komunitas club motor. Seorang pecinta Honda Megapro tidak hanya pemilik motor Mega Pro saja, tetapi semua orang berhak mencintai produk Honda MegaPro.

Makna Warna :

  1. Warna hitam menggambarkan misi komunitas yang  mendalam dan mulia, yaitu menjalin persaudaraan dan silaturrahim antar sesama anggota (Melovers).
  2. Warna putih menggambarkan niat yang bersih dan suci.
  3. Kombinasi hitam dan putih bermakna tegas, mampu membedakan antara yang benar dan yang salah, antara  yang baik dan yang buruk.

Siapapun yang sudah melakukan “Likes” pada fans page Honda Mega pro lovers di www.facebook.com, dia sudah berhak menyandang gelar Melovers, yang artinya dia adalah pecinta produk Honda Mega pro Lovers, tidak memandang usia, suku, agama, latar belakang club motor / biker, ataupun memandang dari segi kepemilikan produk sepeda motor MegaPro. Dan hendaknya seorang Melovers sudah memahami makna dari lambang Megapro Lovers.

Berkumpulnya melovers didunia nyata atau kita sering sebut sildar (silaturrahmi darat), adalah wujud dari keinginan megaprolovers  untuk menjalin silaturahmi, yang semata diniatkan karena persaudaraan, bukan karena untuk melahirkan komunitas atau klub biker baru.

Demikian kurang lebih makna dari lambang atau simbol komunitas Honda Mega Pro Lover. Semoga tulisan ini memberi manfaat  kepada semua pembaca blog ini.

Salam Biker,
Admin

Sumber : Admin fp Facebook Honda Megapro Lovers